Buat anda semua yang ingin motornya
kenceng, salah satu cara untuk menambah performa motor adalah dengan papas
noken as atau bubut noken as. Noken as digunakan untuk membuka dan menutup klep
intake dan exhaust sesuai waktu yang diinginkan. Jadi dengan merubah pola,
sudut, & tinggi noken as kita bisa mengubah performa motor kita secara
signifikan.
Sekarang ini banyak produsen noken
as dengan performa tinggi di pasaran dan harganya cukup sulit dijangkau. Daya
tahan produk – produk tersebut juga tidak semuanya baik.
Melihat masalah mahalnya produk noken as performa tinggi di pasaran, maka sebenarnya kita pun bisa untuk mengubah atau memodif noken as sendiri dengan harga yang lebih murah dan dengan kualitas yang tak kalah juga tentunya.
Melihat masalah mahalnya produk noken as performa tinggi di pasaran, maka sebenarnya kita pun bisa untuk mengubah atau memodif noken as sendiri dengan harga yang lebih murah dan dengan kualitas yang tak kalah juga tentunya.
Noken as akan bekerja maksimal bila
membuka pada waktunya serta bekerja menurut durasi tertentu dan berakhir tepat
waktu. Oleh karenanya kita harus memahami benar tentang rumus, ukuran dan
setelan yang pas guna memperoleh performa tinggi pada saat motor digebeer. Kita
harus paham berapakah setelan klep yang pas, berapakah LSA (Lobe Separation
Angle) yang diinginkan, berapa derajat overlapping yang dimau, dimana posisi
Lobe Center diposisikan, serta berapakah maximum valve lift di mesin yang bukan
hanya lobe lift saja. Dan yang penting lagi adalah cara pemasangan cam serta
dialing sebuah noken as sehingga mereka mau membuka – menutup sesuai kehendak
kita.
Kemampuan kita mengolah data inilah
yang akan menjadi sistem informasi kita dalam menentukan riset mesin balap,
dimana efek jika setelan dirubah, di RPM berapa dia bekerja bagus, pada RPM
berapa dia melemah dll. Setidaknya apa yang ingin saya bagikan di sini adalah
perhitungan sederhana, bagaimana cara mengetahui durasi camshaft.
Pada aturan internasional tentang
camshaft, durasi diukur saat bukaan klep atau angka dial gauge menunjuk pada
0.050 inch alias 1,27mm. Tetapi untuk para mekanik kita kalau ngomongin durasi
biasanya pada angkatan 1mm, jadi misalnya durasi motor kamu 260 derajat, itu
diukur pada angkatan 1mm. Durasi sebenarnya saat klep mulai membuka adalah
0,15mm dan saat hampir menutup adalah 0,15mm.
Supaya jelas saya akan berbagi
contoh menghitung durasi noken as Yamaha Vega R :

Intake membuka 27 derajat sebelum
TMA dan menutup 53 derajat setelah TMB
Exhaust membuka 55 derajat sebelum
TMB dan menutup 29 derajat setelah TMA
TMA = Titik Mati Atas, TMB = Titik
Mati Bawah
Mari kita hitung Durasi, LC dan LSA
:
Durasi
Intake = 27 + 180 + 53 = 260
derajat
Durasi
Exhaust = 55 + 180 + 29 = 264 derajat
Lobe Center
In = 260 / 2 – 27 = 103 derajat
Lobe Center
Ex = 264 / 2 – 29 = 103 derajat
LSA
= 103 derajat
Dari LSA kita akan tahu karakter sebuah camshaft, dari posisi LC kita akan bisa menentukan maximum lift apakah sudah tepat atau tidak, dari durasi kita akan tahu pada RPM berapa dia akan bekerja baik.
Dari LSA kita akan tahu karakter sebuah camshaft, dari posisi LC kita akan bisa menentukan maximum lift apakah sudah tepat atau tidak, dari durasi kita akan tahu pada RPM berapa dia akan bekerja baik.
Contoh diatas adalah ukuran standard
yang didapat dari noken as standard bawaan dari Yamaha Vega R, Jika ingin
merubah atau memodifikasi noken as tersebut agar motor lebih kenceng, salah
satu caranya adalah dengan bubut atau papas noken as sesuai ukuran yang
diinginkan. Saran saya lakukan langkah ini di bengkel – bengkel terbaik
kepercayaan anda. Yang penting anda sudah paham mengenai setelan dan ukuran
dasarnya seperti contoh diatas, tinggal anda koordinasi dengan mekanik.Sekian tips dari belog saya semoga bermanfaat dan jangan lupa simak-simak belog selanjutnya dari saya.
SIMAK JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI:
>5 Mesin mobil tercangih di dunia
> daftar harga oli beserta meraknya terlengkap bulan oktober
>3 Sepeda montor terlaris
>Tips cara merawat cat mobil
>Tips mengatasi penyebab knalpot bocor
>Tips efektif hemat bahan bakar pada kendaraan mobil
>Tips meningkatkan mesin untuk montor balap
>5 Mesin mobil tercangih di dunia
> daftar harga oli beserta meraknya terlengkap bulan oktober
>3 Sepeda montor terlaris
>Tips cara merawat cat mobil
>Tips mengatasi penyebab knalpot bocor
>Tips efektif hemat bahan bakar pada kendaraan mobil
>Tips meningkatkan mesin untuk montor balap
No comments:
Post a Comment